Rabu, 09 Februari 2011

hukum memperingati maulid rasulullah saw

Beberapa kali tulisan saya tentang maulid Nabi Muhammad saw diblog ini mendapatkan “arahan” dari beberapa ikhwan yang sepertinya kurang suka dengan adanya peringatan maulid Nabi Muhammad saw, dan beberapa kali itu juga “arahan” itu saya jawab dengan kondisi yang sebenarnya dalam peringatan maulid Nabi Muhammad saw.
Memperingati maulid Nabi Muhammad saw, sejatinya adalah keharusan bagi ummmat Muhammad saw, karena Allah SWT-pun terlah berfirman : Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.”(QS.Yunus:58) Dan Rasulullah saw sendiri menegaskan, bahwa rahmat yang terbesar yang dikaruniakan Allah SWT kepada alam semesta ini, adalah dengan lahirnya Nabi Muhammad saw. Demikian sebagimana dinuqil oleh As-Suyuthi dari Ibn Abbas ra.
Pada ayat yang lain Allah SWT berfirman : Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman.(QS Hud:120), tampak jelas dalam pengertian ayat tersebut bahwa cerita-cerita tentang Nabi-Nabi terdahulu telah menambahkan kekuatan keimanan dalam hati Nabi Muhammd saw. Dan pada hari ini, kita ummatnya juga membutuhkan penguat terhadap keimanan dalam hati kita dengan kisah-kisah keteladanan beliau semasa hidupnya.
Peringatan maulid adalah salah satu bentuk ungkapan kegembiraan akan lahirnya baginda Nabi Muhammad saw, yang dalam satu riwayat dijelaskan, bahwa Abi Lahab, pamanda Nabi yang kafir itu saja setiap hari senin mendapatkan keringanan dari siksaan yang diterimanya. Semua itu didapatkan oleh Abu Lahab, karena  dia telah memerdekakan budaknya tepat pada hari kelahiran keponakannya yang kelak menjadi Nabi Akhir Zaman itu. Abi Lahab sangat bergembira dengan kelahiran beliau.
Kalau saja Abi Lahab, sang penentang Nabi itu mendapatkan anugerah seperti itu, apalagi kita selaku ummat sang Nabi Muhammad saw, tentulah Allah SWT akan menganugerahkan pahala yang besar bagi yang bergembira dengan kelahiran beliau. Amin.


kami dari ospark community ,.,.,.,.,terima kasih!!! atas partisipasinya!!!
rayakan hari maulid rasulullah saw dengan penuh,.,.,.ke-ikhlasan!!!!

0 komentar:

Posting Komentar